Field Trip SD Santo Yoseph

Ditulis Oleh : Welrin Rotua

Apa itu Fieldtrip ?

Field trip adalah kegiatan studi lapang yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar kemudian trip berada di luar lapangan sekolah. Lalu apa yang dimaksud dengan study tour? Study tour merupakan aktivitas yang dilakukan di luar sekolah untuk belajar dan mengetahui suatu proses secara langsung. Metode Field trip ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, peternakan, perkebunan, lapangan bermain dan sebagainya (Roestiyah, 2001:85). Sedangkan menurut Syaiful Sagala (2006: 214) metode field trip ialah pesiar (ekskursi) yang dilakukan oleh para peserta didik untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah.

Ada beberapa kelebihan metode field trip adalah :

a. Anak didik dapat mengamati kanyataan-kenyataan yang beraneka ragam dari dekat.

b. Anak didik dapat menghayati pengalaman-pengalaman baru dengan mencoba turut serta di dalam suatu kegiatan.

c. Anak didik dapat menjawab masalah-masalah atau pernyataanpernyataan dengan melihat, mendengar, mencoba, dan membuktikan secara langsung.

d. Anak didik dapat memperoleh informasi dengan jalan mengadakan wawancara atau mendengar ceramah yang diberikan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

e. Anak didik dapat mempelajari sesuatu secara intensif dan komprehensif

Belajar dengan memberikan teori kepada para siswa saja terkadang tidak cukup. Setidaknya siswa perlu proses belajar secara langsung dan melihat suatu proses sambil mempraktekannya. Melalui metode belajar tersebut, maka akan semakin mudah bagi para siswa dalam memahami suatu hal.

SD Santo Yoseph dengan secara berkala mengajak para siswa untuk melakukan fieldtrip tujuan kali ini yang dituju adalah Taman Mini Indonesia tepatnya pada Bulan Januari 2024. SD santo Yoseph sambil berkeliling seluruh taman mini sambil menggunakan BIS untuk melihat seluruh rumah adat ataupun hal-hal baru yang ada di taman mini.

SD Santo Yoseph memasuki Taman Burung yang dimana kita dapat banyak belajar tentang keanekaragaman burung yang ada seluruh Indonesia dan dapat kita lihat secara langsung dan bahkan kita dapat menyaksikan secara langsung bagaimana habita burung tersebut serta kehidupan nya , dan tentunya siswa akan menyimpan informasi-informasi yang akan mereka dapat dan sebagai pengalaman baru buat mereka.

Setelah itu para siswa di ajak masuk kedalam Gedung IPTEK, banyak hal yang dapat kita temukan disana pengetahuan baru, para siswa diajak untuk mencoba dan memegang yang membuat mereka sangat antusias untuk ikut serta, para pemandu juga menjelaskan dengan baik sehingga baik guru pendamping maupun para siswa dapat merasakan pengalam yang baru khususnya dalam bidang IPTEK.

Hal yang menarik juga ditemukan ketika berkunjung di Gedung Keong Emas Taman Mini yang merupakan menjadi Icon di Taman Mini, dan tentunya ketika kita melewati taman mini gedung ini akan bisa kita lihat dengan jelas. Para siswa di ajak masuk kedalam theater yang ada didalam gedung dan menonton salah satu keindahan di Indonesia yaitu raja Ampat. Tentunya bisa mendapatkan informasi tentang keindahan ciptaan Tuhan, serta bagaimana kita dapat menjaga dan merawat hadiah terindah dari Tuhan .

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Kami Ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *