TEMA : Keluargaku Unik :  TP 4.9 — INDAHNYA BERBAGI

Siapa mau berbagi hari ini?

Penulis refleksi kegiatan : Teresa Djumiati

Melalui berbicara, peserta didik dapat mempresentasikan cerita tentang keunikan keluarganya dengan suara jelas dan penekanan intonasi untuk menarik minat pendengar

Tujuan: Siswa mampu menemukan keunikan keluarga dalam berbagi berkat.

Bentuk: Cerita sederhana dalam bentuk paragraf.

Judul : Ulang Tahunku Menjadi Berkatmu

Judul : Ulang Tahunku Menjadi Berkatmu

Hari ini adalah hari berbahagia bagi Clairine. Karena Selasa,31 Oktober 2023 merupakan hari jadinya yang sudah menginjak usia 7 tahun. Memang bukan hal aneh  bagi kelas 2 B di sekolah Santo Yoseph  merayakan hari jadi tiap anak terutama di kelas kecil.

Semester ini anak- anak kelas 2 mempelajari membuat paragraf sederhana tentang keluarga.

Anak- anak belajar cara berbagi ke teman- temannya saat ada teman mereka yang merayakan ulang tahun. Itulah indahnya berbagi.

Anak- anak mulai coba belajar caranya berbagi dengan teman-temannya dan warga lingkungan sekolah lainnya. Mulai dari aktivitas mengucapkan kata- kata menyemagati yang berulang tahun dengan kata- kata baik, belajar sopan santun mengucapkan  terima kasih saat menerima berkat dari orang lain, belajar aturan di sekolah  untuk tertib saat merayakan bersama- sama sesuai komitmen kelasnya.

Mereka akan mengali dan mengenali cara membahagiakan orang lain dengan berkat yang kita punya. Dalam hal ini mereka  diharapkan menemukan dampak pengaruh positif dalam peristiwa perayaan ulang tahun teman- temannya.

Mulai tanggal  20  Juli 2023 sampai 2 November 2023 mereka mengali dari berbagai perayaan ulang tahun teman- temannya dan menuliskan refleksi dalam setiap momen indah yang dialaminya dari perayaan tersebut.

Mengapa perayaan ulang tahun tersebut diperbolehkan dirayakan di kelas bersama teman- teman mereka? Agar mereka dapat belajar menciptakan interaksi dengan lingkungannya dalam hal berbagi walau hanya sedikit yang dia punya untuk memberikan hal positif yang membahagiakan.

Dengan demikian, mereka diharapkan dapat menciptakan pengaruh positif saling berbagi berkat yang dimilikinya pada lingkungan sekitarnya berdasarkan pembelajaran  profil Pancasila yang dibuat secara menarik dalam hal momen indah tersebut. Anak- anak belajar semankin bersyukur pada momen yang diciptakan untuknya oleh orang tua,atau guru mereka dan tentunya dengan  konsep yang berbeda.

Tanggal 6 November 2023 mereka presentasikan momen indahnya tersebut di depan teman-temannya pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 B.

Jadi hal ini merupakan kegiatan yang dapat memberi contoh sopan santun, aturan dan norma secara konkret dengan lingkungan belajarnya serta memberi dampak pengaruh positif bagi warga sekolah tentunya. SD Santo Yoseph Selaku Sekolah Katolik yang berada di kawasan Sawah Besar dan sekitaran Jalan Dwiwarna Raya yang memiliki bendera “COIS” sebagai panutannya guna menciptakan Michelisian tangguh berjiwa berbagi, baik suka maupun duka di lingkungan aktivitas mereka sehari- hari. Aktivitas yang menawarkan hal positif dan membangun karakter “COIS” dalam perilakunya sebagai Michelisian kecil. Berdasarkan hal tersebut dan tentunya patut kita junjung pembelajaran tersebut untuk  dijadikan pelajaran yang memberikan kebahagian pada setiap hati  yang mengalaminya. Momen tersebut diciptakan guna menumbuhkan mental berbagi  dari yang dimilikinya . Refleksi ini kami lakukan sebagai warga kelas 2 B  dalam mempelajari sopan -santun dan aturan/ norma berdasarkan profil Pancasila. Momen ini akan terus berlangsung bukan bulan ini saja tetapi terus dibulan- bulan berikutnya.Tulisan ini dituliskan untuk mengajak teman-teman melihat segi positif  dan selalu bersyukur dalam setiap momen baik suka maupun duka.Terima kasih untuk partisipasi orang tua dalam berbagi kasih yang indah ini. Tuhan memberkati kalian semua.

20 Comments

  1. Setiap peristiwa dapat dijadikan pembelajaran sehingga dapat diingat terus peristiwa yg dialami, semoga peristiwa yg dialami anak – anak dapat menjadi hal yg menyenangkan mereka dikemudian hari amin

    • Saya sangat terkesan dengan pembelajaran yang diberikan dan diterapkan kepada anak anak disekolah bersama teman temannya dalam tema “Indahnya Berbagi”.Pembelajaran ini sangat unik dan memberikan kesan mendalam di hati anak anak kami.Selain dapat menumbuhkembangkan rasa empati,berbagi secara sederhana,serta bersosialisasi dengan teman teman dan orang disekitarnya.Semoga anak anak lebih bersyukur,dan melatih anak bersikap ikhlas serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.Dan melalui pengalaman serta kesempatan yang sudah diberikan bisa membawa berkat dan anak anak bisa menemukan jatidiri dikemudian hari….Saya selaku orang tua juga termotivasi untuk selalu mengingatkan anak anak berbagi sejak dini utk masa depannya.
      Terima kasih untuk guru kami tercinta Bu Teresa..terus semangat yang selalu memberikan ide , inspirasi dan makna yang mendalam di hati anak anak kami..
      Semoga Tuhan memberkati..🙏🙏🙏🙏❤️

    • Pengalaman berbagi diajarkan kepsda anak seusia dini memang sangat penting. Dengan terbiasa untuk berbagi, sang anak dapat tumbuh berkembang menjadi pribadi peduli dengan orang lain

  2. Pengalaman berbagi dengan orang lain sungguh tercermin di dalam kegiatan ‘merayakan ulang tahun teman’ di kelas 2B ini, karena setiap anak tanpa terkecuali boleh merayakan hari ulang tahunnya dengan berbagi kebahagiaan bersama temannya meskipun dengan cara yang sederhana. Terima kasih bu Tere yang secara pribadi sudah boleh membuat anak- anak merasa senang karena bisa merayakan ulang tahun temannya dan mendapat berkat. Selain itu, anak-anak juga belajar untuk menuliskan perasaan mereka di dalam tulisan yang mana merupakan salah satu awal yang baik untuk anak-anak kelas kecil dalam mengekspresikan perasaan dan pengalaman mereka di hari itu.
    Terima kasih dan semoga kegiatan – kegiatan yang bermanfaat seperti ini terus dapat diadakan untuk semua kelas.
    Salam COIS & Tuhan memnberkati 🙂

    • Merayakan ulang tahun adalah langkah awal memberi kebahagiaan bagi anak dan belajar bersyukur di usia yang bertambah. Selain itu dengan berbagi bingkisan membuat anak belajar menggali dan mengenali cara membahagiakan orang lain dengan berkat yang kita punya. Semoga kelak mereka tumbuh menjadi michelisian yang tangguh dan punya rasa perduli yang kuat pada sesama dalam suka maupun duka.

  3. Melalui perayaan ulang tahun sederhana dan meriah di sekolah, Ibu Tere mengajak anak2 untuk bergembira,bersuka cita merayakan perayaan kecil yang penuh makna. Mereka diajak untuk berinteraksi dan mengekpr

    • Mengekspresikan rasa gembira dan bersyukur. Terima kasih Ibu Tere dan Sekolah SD Santo Yoseph memperkenankan perayaan ulang tahun di kelas yang dapat memberi kenangan manis di tiap anak-anak kelas 2B.
      Salam COIS dan Tuhan memberkati

      • Terimakasih untuk Ibu Tere wali kelas 2B sudah mengajarkan tentang indahnya “berbagi”. banyak yg bisa dilakukan untuk mengajarkan pentingnya berbagi dengan teman, keluarga maupun masyarakat. tapi yang perlu diingat adalah “lakukan apapun itu dengan sukarela, iklas tanpa mengharapkan balasan”.
        Berbagi juga adalah salah satu cara berterimakasih pada Tuhan atas berkat yang diberikan kepada kita

  4. Anak- anak kelas 2B yang penuh semangat, ceria dan antusias.
    Anak-anak selalu menunggu dan berharap dapat merayakan ulang tahun bersama teman-temannya dan wali kelasnya. Walaupun hanya dirayain di sekolah, anak- anak bisa merasakan kegembiraan dapat berbagi bingkisan dan makan bersama. Terimakasih Bu Teresa, sudah berbagi kebahagiaan buat anak-anak kelas 2B. Wali kelas yang sudah seperti orang tua buat anak- anak kami di sekolah Santo Yoseph.
    Tuhan memberkati 🙏

  5. Anak-anak kelas 2b sangat senang dan gembira, karena di hari ulang tahun nya bisa mendapat surprise dari ibu guru dan teman-teman nya di sekolah, merayakan ulang tahun adalah kebahagiaan buat anak-anak semua,terimakasih ibu Teresia wali kelas 2b, sudah mengajarkan anak-anak untuk saling berbagi kebahagiaan,semoga ini bisa menjadi memori indah untuk anak-anak,terimakasih..Tuhan memberkati🙏

  6. Terimakasih untuk Ibu Tere wali kelas 2B sudah mengajarkan tentang indahnya “berbagi”. banyak yg bisa dilakukan untuk mengajarkan pentingnya berbagi dengan teman, keluarga maupun masyarakat. tapi yang perlu diingat itu “lakukan apapun itu dengan sukarela, iklas tanpa mengharapkan balasan”

  7. Refleksi… Sangat baik untuk kita orang dewasa, tapi kadang sulit untuk anak-anak mengemukakan dan mengindentifikasi apa perasaan dan pelajaran yang ditangkap dari sebuah peristiwa. Refleksi yang dilakukan di program ulang tahun menjadi berkat menjadi tepat sasaran ketika anak melihat ada tujuan lain / kebaikan lain di luar diri nya. anak belajar tidak menjadi self center dan menjadi berkat bagi orang lain. Teruslah konsisten dalam refleksi ini dan kami orang tua akan terus mendukung program SD St. Yoseph dan Bu Theresia. Tuhan memberkati

  8. Terima kasih untuk Ibu Teresa yang sudah mengajarkan anak-anak untuk melihat nilai-nilai baik dalam perayaan ulang tahun yang sederhana di kelas, yaitu anak-anak belajar berbagi dan membahagiakan orang lain dengan apa yang mereka miliki. Semoga di dalam diri anak-anak tumbuh sikap peduli untuk berbagi. 🥰

  9. Kegiatan ulang tahun sekolah sangat bermakna untuk anak2 karna itu akan menjadi kenangan indah buat mereka dimasa kecil mereka, selain itu mengajari mereka arti caranya berbagi dan sharing sebagainya..Puji Tuhan sekolah memperboleh kan merayakannya walaupun hanya sederhana saja🤗
    Semangat terus Santoyoseph,maju terus..👍

    • Spesifik moment ulang tahun adalah moment paling membahagiakan yang paling ditunggu-tunggu. Namun saya sebagai orang tua memperhatikan Ara sekarang bukan hanya perhatian ke ultahnya sendiri, tapi sekarang ini dia perhatian dan ikut bahagia bila teman berulang tahun, lebih semangat ke sekolah apabila ada teman nya ulang tahun. Lebih ekspresif.

      Di sekolah, melalui pelajaran Bahasa Indonesia, anak-anak diajarkan membuat paragraf dengan menuangkan perasaan mereka saat ada teman yang berulang tahun. Paragraf yang dibuat juga walaupun singkat namun berisi kata-kata yang positive/tulus. Mereka juga merangkai kata dengan riang gembira. Merangkai paragraf adalah sesuatu yang baru bagi anak, namun dengan adanya topik yang disukai, anak akan lebih cepat menguasainya.

      Terima kasih Bu Tere yang dengan baik dapat mengkombinasikan event yang membahagiakan bagi anak-anak ini dengan pembelajaran Bahasa Indonesia yang pastinya berguna bagi anak-anak untuk di kemudian hari.

  10. Anak -anak kelas 2B sangat bersyukur dalam pembelajaran indahnya berbagi dalam merayakan ulang tahun bersama teman-temannya..Dimana mereka berbagi bukan hanya kepada teman-teman tetapi juga dengan orang-orang disekitar kita yang membutuhkan uluran tangan..Terima kasih untuk Bu Tere yang mengajarkan anak-anak 2B menjadi anak teladan,berbagi kasih dengan orang lain.

  11. Seperti yang kita ketahui bahwa berbagi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kasih kita kepada teman atau sesama. Maka dengan kegiatan acara ulang tahun di sekolah maka disinilah para peserta didik diajak untuk belajar berbagi dan mengasihi teman-temannya mulai dari kecil sehingga kelak akan menjadi pembiasaan yang sangat bagus bagi peserta didik. Mereka akan memiliki pengalaman yang tak akan mungkin terlupakan.
    Terima kasih tak terhingga buat Bu Teresa yang sudah selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Tetap semangat dalam berkarya ya Bu…..

  12. Terima kasih bu Tere sudah mengajarkan anak- anak nilai baik dalam perayaan sederhana ulang tahun.sehingga anak-anak dapat bergembira dan suka cita dalam berbagi berkat kepada teman-teman dengan apa yang mereka miliki..walaupun hanya sederhana semua anak-anak merasa senang ,sehingga bisa menjadi memory indah bagi anak-anak.Semoga anak-anak bisa peduli dan berbagi kepada sesama..

  13. Dengan adanya perayaan Ultah di Kelas, membuat anak kami mengerti artinya berbagi dan saling mengasihi sesama teman.
    Terimakasih bu Tere dengan segala effort yg dilimpahkan untuk mengajarkan pelajaran ini kepada anak – anak kami sehingga mereka dapat memahami arti mengasihi, berbagi dengan sesama.

  14. Bisa merayakan ulang tahun dikelas / sekolah bersama teman² nya sesuatu yg sangat berarti bagi anak², dimana mereka bisa merasakan kebahagiaan karena teman² nya semua memberi ucapan selamat ulang tahun, dan anak2 juga senang bisa berbagi kepada teman² nya dan wali kelas nya. Sehingga anak² bisa belajar berbagi dan membuat orang lain bahagia.
    Terima kasih kepada ibu Teresa yang memberi kesempatan bagi anak² untuk merayakan ulang tahun dikelas, dan juga terima kasih sudah selalu ingat siapa yang ulang tahun dikelas 2B dan memberi kejutan kepada anak² .
    Semoga kebaikan ibu Teresa dibalas dengan lipat ganda oleh Tuhan Yesus.
    Salam COIS. Tuhan memberkati 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *