Proyek Penguataan Profil Pelajar Pancasila di TK Santo Yoseph

Oleh: Ibu Flaviana Ratih Suhandi

Senin, 6 November sampai dengan Jumat, 1 Desember 2023 murid TK Santo Yoseph bermain dan belajar bersama dengan tema “Makanan, Minuman, dan Permainan Tradisional Betawi”. Adapun tema ini kami usung dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih dikenal dengan istilah P5 dalam Kurikulum Merdeka. Kami mengambil muatan berkebhinekaan global dan gotong royong yang di dalamnya terkandung tujuan yaitu mengenalkan dan melestarikan budaya Betawi serta bangga dengan warisan budaya Betawi.

Para guru merancang pembelajaran yang bermakna untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan mengajak anak belajar untuk membuat kue-kue tradisional  yaitu biji ketapang dan akar kelapa. Minuman tradisional khas Betawi yaitu bir pletok. Permainan tradisional dampu bulan, ular naga, lompat tali, dan tuk-tuk ubi. Anak-anak sangat menikmati dan terkesan dengan makanan, minuman, dan permainan tradisional Betawi yang selama ini mereka hanya mengenal makanan dan minuman kekinian  dan permainan yang ada dalam gadget mereka.

Puncak dari kegiatan P5 ini adalah “Entrepreneur for Charity on Family Day” pada hari Sabtu, 2 Desember 2023. Kami mengundang orangtua murid untuk hadir di sekolah mendukung kewirausahaan putra/putri mereka dalam menjajakan makanan dan minuman khas Betawi yang telah mereka pelajari dan buat di sekolah bersama teman-teman dan ibu guru. Kami menyediakan area permainan dampu bulan, tuk-tuk ubi, lompat tali, dan ular naga. Kami sangat mengapresiasi antusias para orangtua dalam membeli makanan dan minuman khas Betawi yang ditawarkan oleh anak-anak. Para orangtua mencoba semua permainan yang telah disediakan dengan semangat dan gembira (mungkin mengenang masa kecil mereka). Sungguh luar biasa keterlibatan para orangtua dalam kegiatan ini

Akhir dari kegiatan ini adalah kegiatan berbagi kepada masyarakat sekitar dari hasil kewirausahaan yang telah dilakukan anak-anak pada hari Sabtu, 2 Desember 2023. Anak-anak diajak untuk berbagi sembako kepada para bapak supir bajaj yang biasa berada di depan sekolah. Kami ingin menanamkan kepada anak sikap peduli kepada sesama tanpa memandang status, suku, dan agama sejak dini. Puji Tuhan anak-anak melakukan kegiatan ini dengan sukacita.

Terima kasih yang terhingga untuk segala dukungan dan keterlibatan yang diberikan orangtua dalam  setiap kegiatan yang diadakan di Sekolah Santo Yoseph khususnya dalam kegiatan P5 ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *