Membuat Animasi Sederhana Dengan STYKZ

Mungkin kita pernah melihat bahkan sering menonton film kartun ataupun anime di TV ataupun di handphone kita , nah semua itu dikatakan adalah animasi yang pada dasarnya adalah gambar, terbentuk karena gambar yang banyak.

Apa itu Animasi ?

Animasi adalah gambar yang bergerak cepat untuk menciptakan sebuah ilusi pada titik tertentu sehingga terciptalah gerakan . Dalam kesempatan ini siswa/i kelas 4 belajar membuat animasi sebagai pengenalan dan cikal bakal ke tingkat lanjut jika berminat ingin menjadi seorang animator. Aplikasi yang digunakan adalah STYKZ.

STYZK adalah aplikasi animasi yang didalamnya terdapat stickman yang digunakan sebagai media untuk pergerakan. Dalam Aplikasi ini juga terdapat frame sebagai dasar dalam penciptaan ilusi gerakan dalam sebuah animasi. Didalam Styzk kita di suguhkan beberapa bagian yang dapat kita gunakan dalam saat proses pembuatan Animasi yaitu tools, Edit, United Stage, Frames, Controler,Properties, Commands.

Tampilan Dasar dari STYZK

Pada dasarnya anak-anak akan diajarkan tehnik terlebih dahulu yang berhubungan dengan pembuatan animasi, setelah itu anak-anak akan diajak mengembangkan imajinasi masing-masing sesuai dengan apa yang ada didalam pikiran dan hati mereka. Biasanya di kasih chalenge ataupun tema. Bahkan bisa juga dikasi kebebasan tanpa harus menggunakan tema.

Yang Jelas semua antusia dan bersemangat dalam proses pengerjaan karena hal ini merupakan hal baru yang dapat memancing dan membaut semangat para siswa/i .

Berikut beberapa hasil Animasi yang dibuat anak-anak kelas 4 Dengan tema “KAMPANYE MENJAGA LINGKUNGAN”. Salah satunya adalah isu Sampah.

Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Penulis / Guru TIK : www.welrin.site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *