Belajar Coding Di Scratch-Daftar Hasil Game Buatan Anak Kelas 6 SD -Membuat Game Tingkat SD

DAFTAR HASIL KARYA PEMBUATAN GAME KELAS 6 SD SANTO YOSEPH PTS

PENGERTIAN CODING DAN SCRATCH

Apa itu Coding ? . Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. 

Dalam kesempatan ini para siswa/i diajarkan tehnik koding dalam scracth. Apa itu Scracth . Scratch merupakan bahasa pemrograman berbasis visual gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat berbagai macam karya seperti cerita, games, animasi, musik, seni, dan presentasi. Scratch ini bisa digunakan tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman karena pengguna hanya perlu melakukan drag atau memindahkan beberapa blok kode yang tersedia dalam aplikasi.

DAFTAR HASIL GAME SISWA

Aplikasi ini memiliki empat elemen utama yaitu :

1. Programming Palette

Programming Palette berisi alat-alat penting yang dibutuhkan untuk memprogram sprite dalam melakukan atau mengatakan sesuatu. Sprite sendiri adalah objek yang tersedia dalam aplikasi program Scratch bergambar kucing.

2. Blocks

Blocks berisi potongan puzzle yang berguna membuat kode pada Scratch. Setiap bloks memiliki bentuk tersendiri untuk mencegah kesalahan sintaks. Jika bloks ini terhubung, itu akan disebut skrip.

Bloks dalam Scratch ini memiliki enam bentuk berbeda, seperti Hat, Stack, Boolean, Reporter, C, and Cap.

3. Stage Area

Stage area merupakan tempat segala sesuatu terjadi, seperti animasi dengan opsi layar penuh. Elemen ini menggunakan koordinat X dan Y untuk memantau aksi dengan 0, 0 sebagai pusat area.

4. Script

Script menjadi tempat untuk menentukan apa saja yang harus Sprite lakukan dan katakan karena Sprite diprogram menggunakan skrip.

Dan akhir-akhir ini kelas 6 sudah melakukan kegiatan PTS yaitu pengambilan nilai tengah semester, dimana para siswa/i membuat sebuah game dinilai berdasarkan tehnik yang dikuasi yang sudah di ajarkan sebelumnya, kerapihan dalam mendesain serta game yang meyenangkan.

Berikut salah satu contoh hasil game yang bisa kita lihat dan mainkan :

How to Play.

How to Play.
Please Press A if you want to left on your keyboard
Please Press D if you want to right on your keyboard

See your score

UNTUK EXPAND ATAU MEMPERBESAR LAYAR GAME (FULL)

KLIK EXPAND

JIKA BAPAK IBU INGIN MELIHAT HASIL ATAU DAFTAR GAME LAINNYA SILAHKAN KLIK DAFTAR DIBAWAH INI .

Penulis : Welrin Rotua

Website Profil : www.welrin.site

UNTUK BERLANGGANAN INFORMASI BERITA MELALUI EMAIL SILAHKAN DAFTARKAN EMAIL BAPAK /IBU. UNTUK DIKIRIM PEMBERITAHUAN SETIAP HARINYA MELALUI EMAIL .

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Name

bagi para pembaca silahkan meninggalkan komentar yang membangun dibawah ini. Atas Perhatiaanya kami ucapkan terimakasih .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *