Belajar Koding di Tingkat SD

Penulis : Welrin Rotua

Di era digital dan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Profesi programmer atau developer perangkat lunak banyak menarik minat atau menjadi primadona sebagian orang. Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya, dengan kata lain programmer lah yang meng coding aplikasi tersebut. Jadi apa itu coding? Dimana memulai belajar coding? Temukan jawabannya melalui uraian di bawah ini.

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana kamu memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kamu. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan.

Dalam Kesempatan ini SD Santo Yoseph menyelengaran pelajaran koding dalam tingkat sederhana, koding yang dibuat tentunya tidak serumit bahasa bahasa sintak yang beredar seperti bahasa PHP,Java dan lain-lain. Koding yang dibuat berbetuk blok-blok yang disusun sehingga membentuk satu kesatuan perintah yang dibuat sesuai degan keinginan si pembuat. Aplikasi yang kita gunakan adalah scracth.

Apa itu Scracth ? . Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan fun. Dengan Scratch kita bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain. Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa perlu khawatir dengan penulisan sintaksis karena tidak perlu menulis kode. Hanya dengan drag and drop blok blok kode yang sudah disediakan kemudian disusun dan membentuk sebuah logika yang bisa dijalankan sehingga menjadi program.

Anak-anak di ajarkan cara membuat game yang dapat digunakan orang lain juga, sehingga anak-anak tidak hanya dapat menikmati sebuah game dan juga dapat membuat game sendiri tentunya dengan bantuan dan bimbingan guru komputer saat ini. Dalam lab komputer anak-anak akan ditantang membuat game sendiri dan menantang teman sejawatnya untuk memainkan game masing-masing dengan tingkat kesulitan yang dibuat masing-masing peserta.

Tentunya belajar koding dengan menggunakan scracth ini tentunya sangat seru dan dapat menfasilitasi imajinasi masing-masing siswa yang dapat dituangkan dalam sebuah program yaitu membuat sebuah game.

Demikian tulisan ini saya buat atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Jika ada masukan dan hal-hal lain yang ingin diungkapkan silahkan berselancar di kolom komentar dibawah ini.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *