Melakukan Operasi Perkalian

CEKATAN MENEMUKAN SOLUSI

Penulis : Teresa Djumiati Natawidjaja

Mengembangkan Jalan Termudah

Hari itu hari yang begitu indah. Anak- anak senang baru saja mendapat hadiah. Hadiah itu pemenang lomba tujuh belasan yang dibagikan saat brifieng pagi. Di kelas hadiah dibagi rata untuk semua anak, Tiap anak mendapat dua macam alat tulis. Alat tulis berlabel “JOYCO” menarik minat anak- anak belajar. Mengapa mereka tertarik dengan alat tulis itu? Karena alat tulis  itu baru dan bentuknya bagus. Alat tulis itu langsung mereka pakai untuk pelajaran matematika saat itu . Dari wajahnya anak- anak itu terlihat senang dan pasti pelajaran matematika kali ini siap diserap mereka. Meraka dibagi dalam tiga kelompok seperti biasa sesuai kemampuannya. Ada di kelompok tipe auditori,tipe visual,dan  ada tipe kinetik. Pelajaran matematika operasi hitung perkalian lanjutan dari pelajaran sebelumnya  yaitu operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.

Mereka belajar matematika bagaimana cara menemukan konsep cara mudah menghitung perkalian ratusan dengan bilangan satu atau dua angka. Mereka belajar menggunakan cara susun memanjang dan susun kebawah. Anak- anak pada kelompok kenetik sudah mulai terlihat sibuk dengan barang-barang yang disiapkan.

Dalam  kelompok mereka mencoba memecahkan cara mudah menyelesaikan perkalian tersebut. Di sinilah mereka belajar sambil bermain dengan potongan -potongan karton berlainan warna. Lain lagi dengan kelompok auditori  yang membuat perkalian dalam bentuk cerita dan dituliskan langkah demi langkah cara menyelesaikan perkalian itu, sedangkan kelompok visual menyelesaikan perkalian bersusun menggunakan  gambar- gambar. Tiap- tiap kelompoknya semua akan mempresentasikan apa yang dikerjakan dalam kelompoknya.

Di dalam  kelompok Gio dengan teman-temannya awalnya berdiskusi  untuk memecahkan soal perkalian. Mereka bisik- bisik saling menanyakan satu sama lain. Bagaimana potongan- potongan kartonnya dimasukkan ke tempatnya dengan benar? Mereka saling mengingatkan juga , jika  ada yang salah masukkan potongan-potongan kartonnya tersebut. Dengan kesabaran memasukkan satu demi satu, mereka  berhasil juga menyelesaikan soal perkalian tersebut. Menariknya di kelompok Bima, seperti yang saya lihat pada kelompoknya, Bima dengan sabar membimbing temannya memasukkan potongan- potongan kartonnya sambil mengajukan beberapa pertanyaan- pertanyaan agar temannya mengerti. Rupanya temannya masih bingung dan diam tak bisa menjawab pertanyaan Bima, tetapi  Bima terus cari cara dengan mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang lebih mudah. Sampai akhirnya temannya itu dapat menjawab pertanyaan Bima dan dia dengan lancar memasukkan potongan- potongan kartonnya. Saya bangga dengan sikap Bima yang pantang menyerah  menanyakan  temannya dengan pertanyaan- pertanyaan hingga yang paling mudah. Bima juga senang jika temannya bisa  menjawab dengan benar.

Dari pemainan ini anak- anak dapat mengerjakan perkalian dengan mudah. Mereka bisa cepat mendapatkan kata “ Oooooo” sambil manggut- manggutkan kepalanya ,walau bukan sedang berolah raga. Semua anak mencoba permainannya dan ingin terus mau  mencoba – coba lagi. Setiap kelompok mampu mengerjakan dengan soal- soal yang beda-beda.

Mereka juga mencoba cara susun kebawah juga. Hal itu dilakukan secara gentian dengan teman- teman kelompoknya ,sampai semua teman sudah ikut bermain dan mencobanya. Mulai dari memanjang sampai bersusun ke bawah. Dari kedua cara ini, diharapkan anak- anak  bisa membedakan mana yang paling mudah untuk dipahami. Bila teman-temannya mengalami kesulitan, ada saja teman yang membantunya, hingga dapat selesai. Semua dilakukan dengan antusias.” Aku, aku, aku, yang coba…”, teriak beberapa anak dalam kelompok. Kadang salah, tapi mau coba lagi, coba lagi, coba lagi sampai akhirnya bisa dan senyumnya mengembang di wajah mereka.

Itulah tujuan yang saya harapkan agar  anak- anak dapat menyelesaikan perkalian dengan mudah dan saling belajar dengan bermain hingga paham. Bagi yang belum mengerti  di dalam kelompok bisa belajar dari yang sudah paham. Kadang ada anak- anak yang dapat cepat mengerti ,karena belajar dari temannya. Tutor sebaya itu baik sekali di dalam kelompok.

Akhirnya masing- masing dalam kelompok bisa menjelaskan pada kelompok lain cara menyelesaikan soal perkalian  cara bersusun . Mereka saling menilai penjelasan teman- temannya, jika dirasa kurang tepat mereka bersedia membantu dengan memberitahukan hasil yang benar. Indahnya jika dalam kelompok saling memahami kekurangan masing- masing teman. Pendekatan yang mau diajarkan ke anak- anak pada materi ini yaitu sikap kemandirian, gotong- royong,  bernalar kritis , serta kreatif dalam menyelesaikan tugas- tugas  mereka. Puji syukur pada Tuhan proses belajar  materi ini berjalan lancar hingga anak- anak paham. Saya juga ikut semangat melihat ketekunan- anak -anak dalam menyelesaikan masalah dalam kelompoknya. Kesabaran menjadi kunci dalam saling membantu dalam kelompok.Terutama yang kurang atau lambat dalam menyelesaikan soal matematika.Hasil pekerjaan mereka dibilang berhasil dalam bekerja sama. Demikian refleksi saya kali ini, terima kasih, Tuhan memberkati

Tujuan: Siswa mampu mengerjakan operasi perkalian  dengan mudah.

 Bentuk: Alat peraga berkantong plastik.

25 Comments

  1. wah anak2 sungguh Hebat semoga dengan di ajarkan oleh Bu Tere makin bertambah Semangat,Pintar an selalu menjadi yng Terbaik ke depan ny…Terimakasih untuk Bu Tere yang selalu memberikan Ilmu ny dan Hati yng penuh Kasih kepada anak2 Hebat…Tuhan selalu Memberkati Belimpah limpah…Amin

  2. Mantap nih belajar dgn permainan lewat ini anak2 bisa cepet nangkap dan mudah di pelajari, semangat trus anak2 jiayouuu

  3. Saya salah satu orangtua siswa santo yoseph dwiwarna sangat puas dan senang dengan cara pengajaran di sd santo yoseph dwiwarna karena anak kami belajar dengan metode yang menyenangkan. Bukan itu saja, sd santo yoseph memiliki staf guru dan staf non guru yang sangat memperlihatkan perilaku kekeluargaan. Tidak hanya pendidikan akademis yang diajarkan tetapi kemampuan sosial positif yg terus ditanamkan kepada anak kami. Terima kasih kepada sd st yoseph dwiwarna, khususnya Bu teresa Djumiati yang secara aktif, semangat dan penuh kasih mengajarkan anak anak kami

    • Sesuai dengan tema yang diambil “Cekatan Menemukan Solusi”.Saya sangat terkesan melalui pembelajaran yang diterapkan di sekolah dalam melakukan operasi perkalian mulai dengan cara susun memanjang dan ke bawah…
      Anak anak terlihat sangat tertarik senang dan semangat serta antusias mengerjakan soal matematika dengan kelompok yang sudah terbagi bagi..
      Melalui metode ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis dengan media media seperti potongan karton sebagai perantara dan sangat bernilai edukatif..
      Selain itu juga diharapkan dapat mendorong kemampuan anak anak dalam menyelesaikan permasalahan ,mencari solusi terbaik dan mampu menganalisa permasalahan untuk di kedepannya dan dalam kehidupan sehari hari…
      Terimakasih untuk Bu Teresa kami tercinta yang selalu memberikan motivasi ,ide ide yang dapat memberikan kemudahan anak anak dalam pembelajaran ini..Semoga Tuhan memberkati🙏🙏❤️❤️❤️❤️

  4. Wah.belajar mat sdh gak menakutkan lg buat anak2.karena belajar dg cara seperti ini buat anak2 jad lebih menyenangkan

  5. Dengan metode pembelajaran seperti yang tertera diatas membuat murid lebih cepat mengerti dan memahami pelajaran matematika.terimakasih Bu teresa.

  6. Sesuai dengan tema yang diambil “Cekatan Menemukan Solusi”.Saya sangat terkesan melalui pembelajaran yang diterapkan di sekolah dalam melakukan operasi perkalian mulai dengan cara susun memanjang dan ke bawah…
    Anak anak terlihat sangat tertarik senang dan semangat serta antusias mengerjakan soal matematika dengan kelompok yang sudah terbagi bagi..
    Melalui metode ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis dengan media media seperti potongan karton sebagai perantara dan sangat bernilai edukatif..
    Selain itu juga diharapkan dapat mendorong kemampuan anak anak dalam menyelesaikan permasalahan ,mencari solusi terbaik dan mampu menganalisa permasalahan untuk di kedepannya dan dalam kehidupan sehari hari…
    Terimakasih untuk Bu Teresa kami tercinta yang selalu memberikan motivasi ,ide ide yang dapat memberikan kemudahan anak anak dalam pembelajaran ini..Semoga Tuhan memberkati🙏🙏❤️❤️❤️❤️

  7. Cara belajar yang sangat menarik dan mengakomodasi berbagai cara belajar siswa sehingga anak-anak suka belajar matematika.

  8. Dengan adanya metode belajar seperti ini,pasti sangat membantu anak2 untuk lebih menyukai math yang terkenal sangat sulit bagi yang gak suka math.
    Kalau anak2 sudah suka mereka akan lebih mudah menerima penjelasan materi Math lainnya.
    Terimakasih Bu Tere akhirnya bisa bikin anak2 enjoy dengan pelajaran 1 ini.
    GBU🙏

  9. Cara belajar math seperti ini membuat anak2 menjadi enjoy utk belajar math.. Jd tidak ada ketakutan tidak bisa utk pelajaran math..anak2 happy n enjoy..terima kasih ibu Tere..

  10. Ibu Teresa emang terbaik 👏👏
    Selalu kreatif dalam memberikan anak² pelajaran, belajar math dengan cara seperti ini membuat anak murid jadi enjoy dan senang mengerjakan nya.
    Semoga anak² jadi lebih menyukai pelajaran math ke depan nya. Dan semoga semua guru² SD Santo Yoseph bisa kreatif juga dalam mengajar, sehingga anak murid menjadi lebih semangat belajar..

  11. Terima kasih banyak Ibu Eva, Bu Felicia, Bu Susi, Bu Evi,Bpk Nikko yang dengan setia memberi dukungan yang terbaiķ, disela- sela kesibukan yg luar biasa masih sempat membaca dan memberi pandangan positifnya untuk sekolah kita yg tercinta ini, Tuhan memberkati kita semua warga Santo Yoseph semakin terdepan dan sukses selalu amin🙂🙏👍👍

  12. Terima kasih bu Tarida, bu Caecilia, bu Juli untuk commennya yg bagus dan menarik. Tuhan memberkati kita semua baik dan sehat amin🙂

  13. Belajar matematika sekarang jadi menyenangkan karena anak belajar sambil bermain ditambah melatih fokus kerjasama dan ketelitian dalam menjawab soal yang diberikan. melatih kekompakan anak juga dalam berpikir cepat dan kreatif untuk menyelesaikan soal. Semoga kedepan nya semua anak akan suka dengan pelajaran matematika. Terima kasih Ibu Teresa

  14. Hebat ! Anak anak pasti akan tertarik dengan metode ini ( belajar sambil bermain) semoga kedepan anak anak kita akan lebih tertarik dan mau belajar matamatika🌸🙏🏻

  15. Saya senang dengan cara belajar matematika dengan Ibu Teresa. Jadi sangat membantu dan memudahkan anak-anak untuk mengerti dan memahami pelajaran matematika tanpa rasa takut. Terima kasih y Bu. Tetap semangat y bu untuk mengajar anak-anak.

  16. Hebat anak anak pasti tertarik dengan metode ini (belajar sambil bermain) semoga kedepannya anak anak kita lebih tertarik dan mau belajar matamatika, 🌸🙏🏻

  17. Anak saya yg bersekolah di SD Santo Yoseph dengan pengajaran yang dapat dipahami dan dimengerti olehnya, hal tersebut karena di bantu oleh Guru-Guru professional dan metode2 pembelajaran yang terkini, terima kasih saya ucapkan untuk Bu Tere yg mengajar matematika dan Guru lainnya sehingga anak saya dapat berkembang dan menuai ilmu untuk masa depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *