Program Study Tour Kelas 8 SMP Santo Yoseph

Hallo Michelisian

Study tour adalah aktivitas di luar ruangan kelas yang memiliki tujuan untuk belajar mengenai proses suatu hal secara langsung. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh sekolah satu kali dalam satu tahun. Selain menjadi sarana belajar para siswa, kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan berekreasi. Proses belajar dalam kegiatan ini berbeda karena para siswa akan mengunjungi obyek secara langsung.

Karyawisata merupakan kegiatan yang dilaksanakan SMP Santo Yoseph setiap 1 tahun sekali. Kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan dan pengalaman serta membiasakan siswa belajar secara langsung mengenal tempat-tempat bersejarah dan budaya setempat dengan cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar terutama Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti : Candi Borobudur, Candi Prambanan, Batik Sentral Gesikan, Waterpark, Pabrik Bakpia, Malioboro, Pembuatan Gerabah dan HeHa.

Kegiatan karyawisata ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa di mana siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung terhadap lingkungan sekitar, mengadakan tanya jawab dengan pihak pengelola obyek wisata serta melatih siswa belajar langsung dari sumbernya tidak bergantung dari buku ataupun keterangan guru. Selain itu karyawisata juga bisa melatih kemampuan bahasa siswa dengan melakukan berbagai wawancara dengan masyarakat sekitar obyek wisata maupun wisatawan mancanegara. Adapun tujuan diadakan Study Tour adalah Menambah wawasan mengenai kebudayaan dan adat istiadat setempat, Mengenal dan mengetahui objek pembelajaran di luar lingkungan sekolah, Memberikan motivasi dalam belajar setelah melihat langsung di lapangan

Dengan konsep wisata dengan tema “Menjadi Pribadi Michelisian yang Resilien dan Bermartabat” yakni suatu konsep wisata menjadikan pengalaman yang dapat dimaknai oleh peserta didik yang akan berdampak baik bagi peserta didik dan juga memberikan pengalaman baru bagi kalian untuk mengembangkan pengetahuan dan bermartabat bagi lingkungan sosial, pola pikir dan perilaku melalui aktivitas wisata.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *